f OLAHRAGA SUNAH NABI MUHAMMAD SAW ~ Urwatun Wursqa

Sabtu, 28 Januari 2017

OLAHRAGA SUNAH NABI MUHAMMAD SAW




ﻛُﻞُّ ﺷَﺊْ ٍﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻴْﻪِ ﺫِﻛْﺮُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻓَﻬُﻮَ ﻟَﻬْﻮٌ ﻭَﻟَﻌِﺐٌ ﺇِﻻَّ ﺃَﺭْﺑَﻊٌ ﻣُﻼَﻋَﺒَﺔُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﺍﻣْﺮَﺃَﺗَﻪُ ﻭَﺗَﺄْﺩِﻳْﺐُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﻓَﺮَﺳَﻪُ ﻭَﻣَﺸْﻴُﻪُ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﻐَﺮْﺿَﻴْﻦِ ﻭَﺗَﻌْﻠِﻴْﻢُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ 
ﺍﻟﺴِّﺒَﺎﺣَﺔَ

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

Perkataan Umar Bin Khattab :

ﻋَﻠِّﻤُﻮﺍ ﺃَﻭْﻻَﺩَﻛُﻢ ﺍﻟﺴِّﺒَﺎﺣَﺔَ ﻭَﺍﻟﺮِّﻣَﺎﻳَﺔَ ﻭَﺭُﻛُﻮْﺏَ ﺍﻟﺨَﻴْﻞِ

Umar bin Al-Khattab berkata,"Ajari anak-anakmu berenang, memanah dan naik kuda".
Hadits sejenis juga ada, yaitu yang menyebutan keharusan mengajarkan anak kita berenang. Namun para ulama mengatakan bahwa hadits itu bermasalah. Hadits itu adalah :

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺭَﺍﻓِﻊِ ﻗَﺎﻝَ ﻗُﻠْﺖُ : ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺃَﻟِﻠْﻮَﻟَﺪِ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ ﺣَﻖٌّ ﻛَﺤَﻘِّﻨﺎَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ؟ ﻗﺎَﻝَ : ﻧَﻌَﻢْ ﺣَﻖُّ ﺍﻟﻮَﻟَﺪِ ﻋَﻠﻰَ ﺍﻟﻮَﺍﻟِﺪِ ﺃَﻥْ ﻳُﻌَﻠِّﻤَﻪُ ﺍﻟﻜِﺘَﺎﺑَﺔَ ﻭَﺍﻟﺴِّﺒَﺎﺣَﺔَ ﻭَﺍﻟﺮَّﻣْﻲَ

Dari Abi Rafi', dia bertanya,"Ya Rasulullah, apadaha ada kewajiban atas kita terhadap anak kita, sebagaimana kewajiban anak kepada kita?". Rasulullah SAW menjawab,"Ya, hak anak atas ayahnya adalah diajarkan membaca, berenang dan memanah".


0 komentar:

Posting Komentar