Nama dan Nasabnya
Beliau adalah Syaikh Al-Allamah Al-Muhaddits
Abu Abdirrahman Muqbil bin Hadi bin Qayidah Al-Hamdany Al-Wadi'I Al-Khilaly
rahimahullah.
Kelahirannya
Beliau rahimahullah dilahirkan pada tahun 1352
H di Damaj Yaman di sebuah lingkungan Zaidiyah (Salah satu sekte Syi'ah) yang
bercirikan tasawuf, mu'tazilah, dan berbagai bid'ah lainnya.
Pertumbuhan Ilmiahnya
Beliau rahimahullah memulai pelajarannya di
Maktab di sebuah desa yang bernama Al-Wathan Damaj Yaman beberapa lama kemudian
berhenti karena tidak ada yang membantunya belajar.
Kemudian beliau safar ke Riyadh Saudi Arabia
dan tinggal di sana sekitar sebulan setengah. Ketika cuaca Riyadh berubah maka
beliau berangkat ke Makkah. Beliau meminta petunjuk kepada sebagian penceramah
tentang kitab-kitab yang bermanfaat yang akan beliau beli, maka beliau
dinasehati agar membeli kitab Shahih Bukhari, Bulughul Maram, Riyadhush
Shalihin, dan Fathul Majid.
Beliau bekerja sebagai penjaga sebuah gedung
di Hajun sambil menelaah kitab-kitab tersebut. Beliau sangat tertarik dengan
kandungan kitab-kitab tersebut karena apa yang dilakukan manusia di negerinya
sangat berbeda dengan yang ada dalam kitab-kitab tersebut.
Setelah beberapa lama beliau pulang ke
negerinya Yaman dan mulai mengingkari kemungkaran-kemungkaran yang dilakukan
kaumnya. Seperti menyembelih untuk selain Alloh, meminta kepada orang-orang
yang sudah mati, membangun kuburan, dan kesyirikan-kesyirikan lainnya.
Reaksi yang muncul dari kaumnya begitu keras,
lebih-lebih dari orang Syi'ah yang memandang Syaikh Muqbil sudah mengganti
agamanya sehingga pantas dibunuh. Mereka memaksa Syaikh Muqbil untuk belajar di
Masjid Jami' Al-Hadi untuk menghilangkan syubhat-syubhatnya.
Kemudian beliau berangkat ke Najran dan
tinggal di sana selama dua tahun belajar kepada Majduddin Al-Muayyid. Setelah
itu berangkatlah beliau ke Makkah bekerja di waktu siang dan belajar di waktu
malam.
Ketika dibuka Ma'had Al-Haram Al-Makky beliau
mendaftarkan diri dan diterima sehingga beliau menyelesaikan pendidikan
Mutawassithah dan Tsanawiyah. Kemudian beliau menuju ke Madinah dan masuk ke
Universitas Islam Madinah di Fakultas Da'wah dan Ushuluddin.
Ketika dibuka Fakultas Pasca Sarjana di
Universitas Islam Madinah, Beliau mendaftarkan diri dan diterima. Risalah
Magisternya adalah tahqiq kitab Ilzamat dan Tatabbu' oleh Al-Imam Daruquthni.
Dakhwahnya di Yaman
Ketika terjadi fitnah kelompok Juhaiman di
Masjidil Haram, beliau rahimahullah dituduh termasuk kelompok mereka sehingga
beliau dipenjara dan dipulangkan ke Yaman.
Sesampainya beliau di Yaman, beliau memulai
dakhwahnya dengan mengajari Al-Qur'an kepada anak-anak di kampungnya. Beliau
dengan gigih mendakwahkan dakwah salafiyah, dakhwah tauhid dakwah yang haq,
meski begitu banyak rintangan yang menghadangnya dari kelompok syi'ah, sufiyah,
dan sekuler. Beliau rahimahullah mulai dakwahnya dari kampungnya yang kecil
yang dikelilingi gunung-gunung tetapi cahaya dakwah beliau memancar hingga ke
pelosok-pelosok yang jauh di Yaman.
Dengan pertolongan Alloh 'Azza wa Jalla,
kemudian dengan kegigihan beliau mulailah dengan manusia meninggalkan
kesyirika-kesyirikan dan kemungkaran-kemungkaran yang sebelumnya merupakan
kebiasaan mereka sehari-hari.
Ketika dakwah beliau mulai terdengar ke
seluruh penjuru, berbondong-bondonglah manusia menuju tempat beliau untuk
mengambil ilmu. Datanglah para penuntut ilmu dari daerah-daerah
sekitarnya,bahkan dari luar negeri Yaman seperti Mesir, Kuwait, Haramain, Najd,
Libia, Al-Jazair, Maghrib (Maroko), Turki, Inggris, Indonesia, Amerika,
Somalia, Belgia, dan negeri-negeri lainnya.
Keberaniannya Dalam Mengingkari Kemungkaran
Beliau rahimahullah dikenal pemberani di dalam
mengucapkan kebenaran dan mengingkari kemungkaran. Tidak takut kepada siapa pun
di dalam membela kebenaran. Siapa saya yang membaca tulisan-tulisan dan
mendengarkan kaset-kaset beliau akan mengetahui hal itu.Beliau berbicara
tentang bid'ah-bid'ah, kesyirikan-kesyirikan, kezhaliman-kezhaliman, dan
kerusakan-kerusakan. Beliau memiliki banyak bantahan-bantahan kepada para
pemilik kebathilan di dalam tulisan-tulisan dan kaset-kaset beliau.
Perhatian Kepada Para Penuntut Ilmu
Beliau begitu besar perhatiannya kepada para
penuntut ilmu. Beliau sangat bersedih jika ada dari para murid-muridnya
membuthkan sesuatu kemudian tidak bisa mendapatkannya. Beliau pernah berkata di
dalam majelisnya, 'Beban terberat yang aku hadapi yang aku rasakan lebih berat
daripada menghadapi ahli bid'ah dan menulis adalah kebutuhan murid-murid kami'.
Keluhuran Jiwanya
Beliau rahimahullah begitu luhur jiwanya,
menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak pantas, menjaga diri dari meminta-minta
kepada orang lain, sampai-sampai beliau merasa berat memintakan kepada para
muhsinin (dermawan) untuk kepentingan para muridnya. Ketika Syaikh Abdul Aziz
bin Baz mengetahui hal itu maka beliau mengirim surat kepada Syaikh Muqbil yang
isinya, 'Tulislah permohonan wahai Abu Abdurrahman, engkau akan mendapatkan
pahala darinya!'
Beliau latih para muridnya pada sifat yang
agung ini. Beliau mencela dan memperingatkan dari orang-orang yang
meminta-minta kepada manusia atas nama dakwah, dan ini bukan berarti beliau
rahimahullah menyeru para penuntut ilmu agar meninggalkan taklimnya untuk
berdagang. Maksud beliau, makan dari hasil usaha sendiri lebih baik daripada
meminta-minta. Beliau rahimahullah juga berkata, 'Aku menasehatkan kepada ahli
sunnah agar bersabar atas kefaikiran, karena itulah keadaan yang Alloh pilihkan
kepada Nabi-Nya Shollallahu 'Alayhi wa Sallam.
Kesabarannya
Beliau rahimahullah memiliki kesabaran yang
sulit dicari bandingannya. Beliau begitu sabar atas bebrbagai penyakit yang
menimpanya, bersabar atas penyakit busung air yang bertahun-tahun dideritanya.
Demikian pula atas penyakit lever yang menimpanya. Merupakan hal yang
menakjubkan bahwa beliau dalam keadaan sakit tidak pernah meninggalkan
taklimnya. Pernah suatu saat beliau menyampaikan pelajarannya dalam keadaan
tangannya diikat dengan perban ke lehernya.
Kezuhudan, Kesederhanaan, Kedermawanan, dan
Wara'nya.
Beliau dikenal dengan kezuhudannya dan beliau
biasakan para muridnya atas sifat yang mulia ini. Beliau sampaikan kepada
mereka bahwa dengan sifat inilah mereka akan mendapatkan ilmu. Beliau sangat
sederhana dalam tempat tinggal, pakaian dan makanannya.
Di antara hal yang menunjukkan kezuhudannya
pada dunia, beliau wakafkan tanag belia yang luas untuk tempat tinggal para
muridnya yang sekarang ditempati sekitar 250 rumah.
Beliau memiliki sifat tawadhu' yang sulit
dicari bandingannya. Jika beliau sedang berjalan kemudian dipanggil oleh
seorang anak kecil maka beliau langsung berhenti, menyapanya, dan menanyakan
apa yang dikehendaki. Ketika beliau di majelis taklimnya datanglah seorang anak
kecil, beliau hentikan pelajarannya dan berkata anak kecil itu kepadanya, 'Aku
ingin membaca sebuah hadits di mikrofon.' maka beliau dudukkan anak kecil
tersebut di depannya untuk membaca hadits yang dikehendakinya.
Beliau dikenal dengan sifat wara', tidak
pernah tersisa dana dakwah disisinya karena selalu beliau serahkan kepada
penanggungjawabnya.
Kegigihan Dalam Berdakwah
Beliau rahimahullah begitu gigih dalam
berdakwah meskipun begitu padat kesibukannya daalam mengajar dan menulis.
Beliau arahkan para muridnya dengan mengatakan, 'Janganlah kalian hanya
menuntut ilmu dan meninggalkan dakwah, wajib atas kalian mendakwahkan ilmu yang
kalian pelajari!'
Beliau melakukan perjalanan dakwah di
kota-kota dan desa-desa Yaman, mendaki gunung-gunung dan menuruni
lembah-lembah. Beliau mengalami vabyak rintangan dari para musuh-musuhnya seperti
jama'ah Ikhwanul Muslimin, Jam'iyah Hikmah dan Ihsan, kelompok sekuler,
Sufiyah, dan selain mereka, tetapi beliau tidak pernah surut dalam dakwahnya
kepada Kitab dan Sunnah.
Ceramah-ceramah dakwah beliau dihadiri oleh
jumlah yang sangat besar hingga di sebagian tempat ceramah diadakan di tanah
lapang karena masjid yang ada tidak mampu memuat jumlah hadirin.
Beliau peringatkan manusia dari kesyirikan,
kebid'ahan, demokrasi dan parlemen. Beliau ingatkan kaum muslimin agar tidak
memberikan loyalitas kepada musuh-musuh Islam, dan meninggalkan fitnah
hizbiyyah yang telah menceraiberaikan umat.
Kegigihannya Dalam Mempelajari dan
Menyampaikan Ilmu
Beliau begitu gigih di dalam mengajarkan ilmu.
Satu jam sebelum Zhuhur beliau mengajarkan kitabnya Shahih Musnad mimma Laisa
fi Shahihain, setelah itu kitab Jami' Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain.
Sesudah sholat Zhuhur belia mengajarkan Tafsir Ibnu Katsir dua hari sekali
bergantian dengan kitab Shahih Musnad min Asbabin Nuzul. Ketika kitab yang
akhir ini selesai beliau ganti dengan kitab Jami' Shahih. Sebelum Zhuhur beliau
menelaah pelajaran di rumahnya selama seperempat jam.
Sesudah Ashar beliau mengajarkan kitab Shahih
Bukhary, dan sesudah Magrib mengajarkan Shahih Muslim dan Kitabnya Ahaditsu
Mu'allah Zhahiruha Shihhah. Selesai dari kitab yang akhir ini beliau
menggantinya dengan kitabnya Gharatul Fishal alal Mu'tadin ala Kutubil
Ilal.Selesai dari kitab yang akhir ini beliau mengajarkan kitabnya Dzammul
Mas'alah, kemudian setelah selesai diganti dengan kitab Shahih Musnad min
Dalail Nubuwwah. Bersama kedua kitab ini beliau ajarkan juga kitab Mustadrak
dan kitabnya Shahih Musnad fil Qadar. Demikianlah urut-urutan taklim beliau
hingga beliau wafat.
Jika beliau berbicara tentang rijal maka
beliau adalah pakarnya, jika beliau sedang diskusi dengan murid-muridnya dalam
masalah nahwu maka seakan-akan tidak ada selsain beliau yang mengetahui
disiplin ilmu ini, jika beliau berbicara tentang ilal maka membuat terhenyak
orang yang ada dihadapannya. Demikian juga beliau memiliki kecepatan luar biasa
di dalam menghadirkan dalil-dalil dari Kitab dan Sunnah.
Guru-gurunya
Beliau mempelajari ilmu-ilmu syar'i dari para
ulama besar dizamannya seperti : SYAIKH Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Syaikh
Muhammad Nashiruddin Al-Albany, Syaikh Abdullah bin Humaid, Syaikh Muhammad
As-Sabil, Syaikh Abdul Aziz Ar-Rasyid, Syaikh Yahya Al-Bakistany, Syaikh
Muhammad bin Abdullah ASH-Shamaly, Syaikh Muhammad Hakim Al-Mishry, dan Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Mishry.
Murid-muridnya
Di antara murid-muridnya adalah Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Washshaby Al-Abdaly, Syaikh Yahya bin Ali
Al-Hajury, Syaikh Muhammad bin Abdullah Ar-Rimy Al-Imam, Syaikh Abdul Aziz bin
A;-Bar'i, Ummu Abdillah Al-Wadi'iyah putrinya, Ummu Syu'aib Al-Wadi'iyah istri
keduanya, Ummu Salamah istri ketiganya, dan masih banyak lagi selain mereka.
Tulisan-tulisannya
Diantara tulisan-tulisannya adalah Shahih
Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Tarajim Rijal Al-Hakim fil Mustadrak, Tatabbu'
Auham Al-Hakim allati Sakata Alaiha Adz-Dzhaby, Tarajim Rijal Sunan Daruquthni,
Shahih Musnad min Dalail Nubuwwah, Gharatul Fishal 'alal Mu'tadin 'ala Kutubil
Ilal, Jami' Shahih fil Qadar, Sha'qatu; Zilzal Linasfi Abathil Rafdhi wal
I'tizal, Ijabatus Sail'an Ahammil Masail, Asy-Syafa'ah, Riyadhul Janna fi Raddi
'ala A'dai Sunnah, Tuhfatul Arib 'ala As'ilatil Hadhir wal Gharib, Al-Makhraj
minal Fitnah, Shahih Musnad min Asbabin Nuzul, Rudud Ahlil Ilmi 'ala Tha'inin
fi haditsi Sihr, Mushara'ah. Ilhad Khomeni fi Ardhil Haramain, Al-Ba'its ala
Syarhil Hawadits, Irsyad Dzawil Fathan Liib'adi Ghulati Rwafidh 'anil Yaman,
Jami' Shahih Musnad mimma Laisa fi Shahihain, Gharatul Asyrithah 'ala Ahlil
Jahli wa Safsathah, Fawakih Janiyah fil Khuthab wal Muhadharat Saniyah, Qam'ul
Mu'anid wa Zajrul Haqidil Hasid, Majmu'atu Rasail Ilmiyah, Tuhfatusy Syab
Rabbany, Fatwa fi Wihdatil Muslimin ma'al Kuffar, Iqamatil Burhan ala Dhalali
Abdur Rahim Ath-Thahhan, Dibaj fi Maratsy Syaikhul Islam Abdul Aziz bin Baz,
Hukmu Tashwir Dzawatil Arwah, Muqtarah fi Ajwibati As'ilatil Musthalah, Fadhaih
wa Nashaih, Maqtal Syaikh Jamilurrahman, Iskatul Kalbil'Awi, Tahqiq Tafsir Ibnu
Katsir, Shahih Musnad mimma Tafsir bil Ma'tsur, dan Kitab Ilzamat wa Tatabbu'
lil Imam Daruquthni dirasah wa tahqiq.
Wafatnya
Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i wafat di
Jedda pada malam Ahad 1 Jumadil Ula tahun 1422 H dalam usia sekitar 70 tahun
dan dimakamkan di Makkah di samping Syaikh Abdul Aziz bin Baz dab Syaikh
Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Semoga Allah meridhainya dan menempatkannya
dalan keluasan jannah-Nya.
Rujukan
Nubdzah Yasir min Hayati Ahadi 'Alamil Jazirah oleh Abu Hammam Muhammad bin Ali bin Ahmaf Ash-Shauma'i Al-Baidhani.
Tulisan ini diambil dari : Majalah Al Furqon Edisi:1 Tahun V Sya'ban 1426 H / September 2005 oleh www.jilbab.or.id
0 komentar:
Posting Komentar