Al-Quran atau
Quran (bahasa Arab: القرآن al-Qur’ān) ialah kitab suci bagi umat Islam. Menurut
ajaran Islam, al-Quran ialah wahyu yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad
Shallallahu'alaihi Wasallam. melalui perantaraan malaikat Jibril yang sampai ke
zaman sekarang secara mutawatir. Perihal diturunkan al-Quran mempunyai kaitan
rapat dengan Lailatul Qadar. Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad secara
beransur-ansur dalam tempoh 23 tahun.
Dalam salah satu ayat yang
terdapat di dalam Al-Quran Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: “Sesungguhnya
Kamilah yang menurunkan adz-Dzikr (Al-Qur’an), dan kamilah yang akan
menjaganya”. (AL Hijr 15:9)
Lafaz al-Quran dari segi
bahasa adalah bacaan atau himpunan huruf dan kalimah. Ini berdasarkan firman
Allah:
Sesungguhnya Kamilah Yang
berkuasa mengumpulkan al-Quran itu (dalam dadamu), dan menetapkan bacaannya
(pada lidahmu); Oleh itu, apabila Kami telah menyempurnakan bacaannya
(kepadamu, Dengan perantaraan Jibril), maka bacalah menurut bacaannya itu;
(surah al-Qiyamah, 75:17-18)
Manakala dari segi istilah
pula, al-Quran ialah kalam Allah yang bermukjizat diturunkan kepada Nabi
Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. melalui perantaraan Malaikat Jibril dalam
bahasa Arab, diriwayatkan secara mutawatir dan membaca setiap hurufnya adalah
ibadah, bermula dari surah al-Fatihah dan berakhir dengan surah an-Naas.
Bukti Al Quran Datang Dari Allah
Mengenai bukti bahawa Al-Quran
itu datang dari Allah, dapat dilihat dari kenyataan bahawa Al-Quran adalah
sebuah kitab berbahasa Arab yang dibawa oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi
Wasallam. Dalam menentukan dari mana asal Al-Quran, akan kita dapatkan tiga
kemungkinan.
1. Pertama, kitab itu merupakan karangan orang Arab.
2. Kedua, karangan Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.
3. Ketiga, berasal dari Allah
subhanahu wa ta'ala saja.
Tidak ada lagi kemungkinan
selain dari yang tiga ini. Sebab Al-Quran adalah khas Arab, baik dari segi
bahasa maupun gayanya.
Kemungkinan pertama yang
mengatakan bahwa Al-Quran adalah karangan orang Arab merupakan kemungkinan yang
tertolak. Dalam hal ini Al-Quran sendiri telah menentang mereka untuk membuat
karya yang serupa. Sebagaimana tertera dalam ayat :
قُلْ فَأْتُوا بِعَشْرِ سُوَرٍ مِثْلِهِ
“Katakanlah: ‘Maka datangkanlah sepuluh surat yang (dapat) menyamainya” (Surah
Hud 13).
Di dalam ayat lain :
قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِثْلِهِ
“Katakanlah: (‘Kalau benar apa yang kamu katakan), maka cobalah datangkan
sebuah surat yang menyerupainya” (Surah Yunus 38).
Orang-orang Arab telah
berusaha keras mencobanya, akan tetapi tidak berhasil. Ini membuktikan bahwa
Al-Quran bukan berasal dari perkataan mereka. Mereka tidak mampu menghasilkan
karya yang serupa, ada tentangan dari Al-Quran dan usaha dari mereka untuk
menjawab tentangan itu. Kemungkinan kedua yang mengatakan bahwa Al-Quran itu
karangan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam., adalah kemungkinan yang
juga tidak dapat diterima oleh akal. Sebab, Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi
Wasallam. adalah orang Arab juga. Bagaimanapun cerdiknya, tetaplah ia sebagai seorang
manusia yang menjadi salah satu anggota dari masyarakat atau bangsanya. Selama
seluruh bangsa Arab tidak mampu menghasilkan karya yang serupa, maka masuk akal
pula apabila Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. yang juga termasuk
salah seorang dari bangsa Arab tidak mampu menghasilkan karya yang serupa. Oleh
kerana itu, jelas bahwa Al-Quran itu bukan karangan Nabi Muhammad
Shallallahu'alaihi Wasallam.. Terlebih lagi dengan banyaknya hadis shahih yang
berasal dari Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. yang sebagian malah
diriwayatkan lewat cara yang tawatur, yang kebenarannya tidak diragukan lagi.
Apabila setiap hadis dibandingkan dengan ayat manapun dalam Al-Quran, maka
tidak akan dijumpai adanya kemiripan dari segi gaya bahasanya. Padahal Nabi
Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam., disamping selalu membacakan setiap
ayat-ayat yang diterimanya, dalam waktu yang bersamaan juga mengeluarkan hadis.
Namun, ternyata keduanya tetap berbeda dari segi gaya sasteranya. Bagaimanapun
kerasnya usaha seseorang untuk menciptakan berbagai macam gaya bahasa dalam
pembicaraannya, tetap saja akan terdapat kemiripan antara gaya yang satu dengan
yang lain. Kerana semua itu merupakan bagian dari ciri khasnya dalam berbicara.
Oleh kerana memang tidak ada kemiripan antara gaya bahasa Al-Quran dengan gaya
bahasa hadis, bererti Al-Quran itu bukan perkataan Nabi Muhammad
Shallallahu'alaihi Wasallam. Sebab, pada masing-masing keduanya terdapat
perbezaan yang tegas dan jelas. Itulah sebabnya tidak seorang pun dari bangsa Arab,
orang-orang yang paling tahu gaya dan sastera bahasa arab, pernah menuduh bahwa
Al-Quran itu perkataan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. atau mirip
dengan gaya bicaranya. Satu-satunya tuduhan yang mereka lontarkan adalah bahawa
Al-Quran itu dicipta Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. dari seorang
pemuda Nasrani yang bernama Jabr. Tuduhan ini pun telah ditolak keras oleh
Allah subhanahu wa ta'ala dalam firman-Nya :
“(Dan) Sesungguhnya Kami
mengetahui mereka berkata: ‘Bahwasanya Al-Quran itu diajarkan oleh seorang
manusia kepadanya (Muhammad). Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa)
Muhammad belajar kepadanya (adalah) bahasa ‘ajami (bukan-Arab), sedangkan
Al-Quran itu dalam bahasa arab yang jelas” (Surah An-Nahl 103).
Jika telah terbukti bahwa
Al-Quran itu bukan karangan bangsa Arab, bukan pula karangan Nabi Muhammad
Shallallahu'alaihi Wasallam., maka sesungguhnya Al-Quran itu adalah firman
Allah, kalamullah, yang menjadi mukjizat bagi orang yang membawanya.
Nama-nama al-Quran
1. Al-Kitaab (اﻟﻛتاب)bermaksud sebuah kitab
berdasarkan firman Allah:
Alif, Laam, Miim. Kitab al-Quran ini,
tidak ada sebarang syak padanya (tentang datangnya dari Allah dan tentang
sempurnanya); ia pula menjadi petunjuk bagi orang-orang Yang (hendak) bertaqwa;
(surah al-Baqarah 1:1-2)
2. Al-Furqaan (ﺍﻟﻔﺮﻗﺎﻥ)
bermaksud pemisah hak dan batil sebagaimana firman Allah:
Maha berkat Tuhan Yang
menurunkan al-Furqaan kepada hambaNya (Muhammad), untuk menjadi peringatan dan
amaran bagi seluruh penduduk alam. (surah al-Furqaan 25:1)
3. Adz-Dzikr (اﻟذﻛﺮ) bermaksud peringatan berdasarkan firman Allah:
Sesungguhnya Kamilah Yang
menurunkan al-Quran, dan Kamilah Yang memelihara
dan menjaganya. (surah al-Hijr 15:9)
4. At-Tanzil (ﺍﻟﺘﻨﺰﻳﻞ) bermaksud penurunan. Nama ini diambil sempena firman
Allah:
Dan Sesungguhnya Al-Quran (yang
di antara isinya kisah-kisah Yang tersebut) adalah diturunkan oleh Allah Tuhan
sekalian alam. (surah asy-Syuara 26:192)
Sifat al-Quran
An-Nuur bermaksud cahaya yang menerangi
kegelapan. Al-Quran disifatkan sebagai nur (cahaya) kerana ia memberikan cahaya
keimanan kepada orang yang berada di dalam kegelapan serta kekufuran. Selain
itu, al-Quran juga menjadi cahaya yang menerangi jiwa orang yang selalu
membacanya dan menghayati isi kandungannya. Firman Allah:
Wahai sekalian umat manusia!
Sesungguhnya telah datang kepada kamu: Bukti dari Tuhan kamu, dan Kami pula
telah menurunkan kepada kamu (Al-Quran sebagai) Nur (cahaya) Yang menerangi
(segala apa jua Yang membawa kejayaan di dunia ini dan kebahagiaan Yang kekal
di akhirat kelak). (surah an-Nisaa’ 4:174)
Al-Mubiin bermaksud menerangkan
sesuatu. Al-Quran disifatkan sebagai penerang kerana ia menghuraikan ajaran
Islam kepada seluruh umat. Firman Allah:
Wahai ahli Kitab! Sesungguhnya
telah datang kepada kamu Rasul Kami (Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam)
Dengan menerangkan kepada kamu banyak dari (keterangan-keterangan dan
hukum-hukum) Yang telah kamu sembunyikan dari Kitab suci, dan ia memaafkan kamu
(dengan tidak mendedahkan) banyak perkara (yang kamu sembunyikan). Sesungguhnya
telah datang kepada kamu cahaya kebenaran (Nabi Muhammad) dari Allah, dan
sebuah Kitab (Al-Quran) Yang jelas nyata keterangannya. (surah al-Maa’idah
5:15)
Al-Huda bermaksud petunjuk.
Al-Quran disifatkan sebagai petunjuk kerana ia menunjukkan jalan yang lurus kepada
umat manusia. Firman Allah:
Wahai umat manusia!
Sesungguhnya telah datang kepada kamu Al-Quran Yang menjadi nasihat pengajaran
dari Tuhan kamu, dan Yang menjadi penawar bagi penyakit-penyakit batin Yang ada
di Dalam dada kamu, dan juga menjadi hidayah petunjuk untuk keselamatan, serta
membawa rahmat bagi orang-orang Yang beriman. (surah Yunus 10:57)
Ar-Rahmah bermaksud kerahmatan. Allah
menyifatkan al-Quran sebagai rahmat kerana ia membawa rahmat kepada orang
Mukmin yang sentiasa membaca, mempelajari dan mengamalkan isi kandungannya.
Firman Allah: Wahai umat
manusia! Sesungguhnya telah datang kepada kamu Al-Quran Yang menjadi nasihat
pengajaran dari Tuhan kamu, dan Yang menjadi penawar bagi penyakit-penyakit
batin Yang ada di Dalam dada kamu, dan juga menjadi hidayah petunjuk untuk
keselamatan, serta membawa rahmat bagi orang-orang Yang beriman. (surah Yunus
10:57)
Bagaimanakah al-Quran itu diwahyukan.
Nabi Muhammad
Shallallahu'alaihi Wasallam. dalam hal menerima wahyu mengalami bermacam-macam
cara dan keadaan. di antaranya:
1. Malaikat memasukkan wahyu itu ke dalam hatinya. Dalam hal ini
Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam. tidak melihat sesuatu apapun,
hanya beliau merasa bahwa itu sudah berada saja dalam kalbunya. Mengenai
hal ini Nabi mengatakan: "Ruhul qudus mewahyukan ke dalam
kalbuku", (lihat surah (42) Asy Syuura ayat (51).
2. Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi berupa seorang laki-laki yang
mengucapkan kata-kata kepadanya sehingga beliau mengetahui dan hafal
benar akan kata-kata itu.
3. Wahyu datang kepadanya seperti gemerincingnya loceng. Cara inilah yang
amat berat dirasakan oleh Nabi. Kadang-kadang pada keningnya
berpancaran keringat, meskipun turunnya wahyu itu di musim dingin yang
sangat. Kadang-kadang unta beliau terpaksa berhenti dan duduk karena
merasa amat berat, bila wahyu itu turun ketika beliau sedang mengendarai
unta.
Diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit: "Aku adalah penulis wahyu yang
diturunkan kepada Rasulullah. Aku lihat Rasulullah ketika turunnya wahyu
itu seakan-akan diserang oleh demam yang keras dan keringatnya bercucuran
seperti permata. Kemudian setelah selesai turunnya wahyu, barulah beliau
kembali seperti biasa".
4. Malaikat menampakkan dirinya kepada Nabi, tidak
berupa seorang laki-laki seperti keadaan no. 2, tetapi benar-benar
seperti rupanya yang asli. Hal ini tersebut dalam Al Qur’an surah (53) An
Najm ayat 13 dan 14.
Artinya: Sesungguhnya Muhammad telah melihatnya pada kali yang lain
(kedua). Ketika ia berada di Sidratulmuntaha.
Hikmah diturunkan al-Quran secara beransur-ansur
Al Qur’an diturunkan secara beransur-ansur dalam masa 22 tahun 2 bulan
22 hari atau 23 tahun, 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah. Hikmah
Al Qur’an diturunkan secara beransur-ansur itu ialah:
1. Agar lebih mudah difahami dan dilaksanakan. Orang tidak akan
melaksanakan suruhan, dan larangan sekiranya suruhan dan larangan itu
diturunkan sekaligus banyak. Hal ini disebutkan oleh Bukhari dan riwayat ‘Aisyah
r.a.
2. Di antara ayat-ayat itu ada yang nasikh dan ada yang mansukh,
sesuai dengan permasalahan pada waktu itu. Ini tidak dapat dilakukan
sekiranya Al Qur’an diturunkan sekaligus. (ini menurut pendapat yang
mengatakan adanya nasikh dan mansukh).
3. Turunnya sesuatu ayat sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang
terjadi akan lebih mengesankan dan lebih berpengaruh di hati.
4. Memudahkan penghafalan. Orang-orang musyrik yang telah menayakan
mengapa Al Qur’an tidak diturunkan sekaligus. sebagaimana tersebut dalam
Al Qur’an ayat (25) Al Furqaan ayat 32, yaitu: mengapakah Al Qur’an tidak
diturunkan kepadanya sekaligus · Kemudian dijawab di dalam ayat itu sendiri:
·demikianlah, dengan (cara) begitu Kami hendak menetapkan hatimu
5. Di antara ayat-ayat ada yang merupakan jawaban daripada pertanyaan
atau penolakan suatu pendapat atau perbuatan, sebagai dikatakan oleh
lbnu‘Abbas r.a. Hal ini tidak dapat terlaksana kalau Al Qur’an diturunkan
sekaligus.
Ayat Makkiyah dan ayat Madaniyah
Ditinjau dari segi masa turunnya, maka Al Qur’an itu dibahagi atas
dua golongan:
1. Ayat-ayat yang diturunkan di Mekah atau sebelum Nabi Muhammad
Shallallahu'alaihi Wasallam. hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat
Makkiyyah.
2. Ayat-ayat yang diturunkan di Madinah atau sesudah Nabi Muhammad
s.a.w. hijrah ke Madinah dinamakan ayat-ayat Madaniyyah.
Ayat-ayat Makkiyyah meliputi 19/30 dari isi Al Qur’an
terdiri atas 86 surah, sedang ayat-ayat Madaniyyah meliputi 11/30 dari isi Al
Qur’an terdiri atas 28 surah.
Perbedaan ayat-ayat Makiyyah dengan ayat-ayat Madaniyyah ialah:
1. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya pendek-pendek sedang ayat-ayat
Madaniyyah panjang-panjang; surat Madaniyyah yang merupakan 11/30 dari isi Al
Qur’an ayat-ayatnya berjumlah 1,456, sedang ayat Makkiyyah yang merupakan
19/30 dari isi Al Qur’an jumlah ayat-ayatnya 4,780 ayat.
Juz 28 seluruhnya
Madaniyyah kecuali ayat (60) Mumtahinah, ayat-ayatnya berjumlah 137; sedang juz
29 ialah Makkiyyah kecuali ayat (76) Addahr, ayat-ayatnya berjumlah 431. Surat
Al Anfaal dan surat Asy Syu’araa masing-masing merupakan setengah juz
tetapi yang pertama Madaniyyah dengan bilangan ayat sebanyak 75, sedang
yang kedua Makiyyah dengan ayatnya yang berjumlah 227.
2. Dalam ayat-ayat Madaniyyah terdapat perkataan "Ya ayyuhalladzi na
aamanu" dan sedikit sekali terdapat perkataan ‘Yaa ayyuhannaas’,
sedang dalam ayat ayat Makiyyah adalah sebaliknya.
3. Ayat-ayat Makkiyyah pada umumnya mengandung hal-hal yang
berhubungan dengan keimanan, ancaman dan pahala, kisah-kisah umat yang
terdahulu yang mengandung pengajaran dan budi pekerti; sedang Madaniyyah
mengandung hukum-hukum, baik yang berhubungan dengan hukum adat atau
hukum-hukum duniawi, seperti hukum kemasyarakatan, hukum ketata negaraan,
hukum perang, hukum internasional, hukum antara agama dan lain-lain.
Nama-nama al-Quran
Allah memberi nama
Kitab-Nya dengan Al Qur’an yang berarti "bacaan". Arti ini
dapat kita lihat dalam surat (75) Al Qiyaamah; ayat 17 dan 18 sebagaimana
tersebut di atas.
Nama ini dikuatkan
oleh ayat-ayat yang terdapat dalam surat (17) Al lsraa’ ayat 88;
surat (2) Al Baqarah ayat 85; surat (15) Al Hijr ayat 87;
surat (20) Thaaha ayat 2; surat (27) An Naml ayat 6; surat (46)
Ahqaaf ayat 29; surat (56) Al Waaqi’ah ayat 77; surat (59) Al Hasyr
ayat 21 dan surat (76) Addahr ayat 23.
Menuru pengertian
ayat-ayat di atas Al Qur’an itu dipakai sebagai nama bagi Kalam Allah
yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.
Selain Al Qur’an, Allah juga memberi beberapa nama lain bagi
Kitab-Nya, seperti:
1. Al Kitab atau Kitaabullah: merupakan synonim dari perkataan Al
Qur’an, sebagaimana tersebut dalam surat (2) Al Baqarah ayat 2 yang
artinya; "Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya…."
Lihat pula surat (6) Al An’aam ayat 114.
2. Al Furqaan: "Al Furqaan" artinya: "Pembeda",
ialah "yang membedakan yang benar dan yang batil", sebagai
tersebut dalam surat (25) Al Furqaan ayat 1 yang artinya: "Maha Agung
(Allah) yang telah menurunkan Al Furqaan, kepada hamba-Nya, agar ia
menjadi peringatan kepada seluruh alam"
3. Adz-Dzikir. Artinya: "Peringatan". sebagaimana yang tersebut
dalamsurat (15) Al Hijr ayat 9 yang artinya: Sesungguhnya Kamilah yang
menurunkan "Adz-Dzikir dan sesungguhnya Kamilah penjaga-nya"
(Lihat pula surat (16) An Nahl ayat 44. Dari nama yang tiga tersebut di
atas, yang paling masyhur dan merupakan nama khas ialah "Al
Qur’an". Selain dari nama-nama yang tiga itu dan lagi beberapa nama
bagi Al Qur’an. lmam As Suyuthy dalam kitabnya Al Itqan, menyebutkan
nama-nama Al Qur’an, diantaranya: Al Mubiin, Al Kariim, Al Kalam, An
Nuur.
Surah-surah dalam al-Quran
Jumlah surat yang
terdapat dalam Al Qur’an ada 114; nama-namanya dan batas-batas tiap-tiap
surat, susunan ayat-ayatnya adalah menurut ketentuan yang ditetapkan dan
diajarkan oleh Rasulullah sendiri (tauqifi).
Sebagian dari surat-surat
Al Qur’an mempunyai satu nama dan sebagian yang lain mempunyai lebih dari
satu nama, sebagaimana yang akan diterangkan dalam muqaddimah tiap-tiap surat.
Surat-surat yang ada dalam Al Qur’an ditinjau dari segi panjang dan
pendeknya terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1. ASSAB’UTHTHIWAAL, dimaksudkan, tujuh surat yang panjang Yaitu:
Al Baqarah, Ali Imran, An Nisaa’, Al A’raaf, Al An’aam, Al Maa-idah dan
Yunus.
2. Al MIUUN, dimaksudkan surat-surat yang berisi kira-kira seratus ayat
lebih seperti: Hud, Yusuf, Mu’min dsb.
3. Al MATSAANI, dimaksudkan surat-surat yang berisi kurang sedikit dari
seratus ayat seperti: Al Anfaal. Al Hijr dsb.
4. AL MUFASHSHAL, dimaksudkan surat-surat pendek. seperti:
Adhdhuha, Al Ikhlas, AL Falaq, An Nas. dsb.
Huruf-huruf Hijaaiyyah yang ada pada permulaan surat.
Di dalam Al Qur’an
terdapat 29 surat yang dimulai dengan huruf-huruf hijaaiyyah yaitu pada
surat-surat:
(1) Al Baqarah, (2) Ali
Imran, (3) Al A’raaf. (4) Yunus, (5) Yusuf, (7) Ar Ra’ad, (8) lbrahim,
(9) Al Hijr, (10) Maryam. (11) Thaaha. (12) Asy Syu’araa, (13) An Naml,
(14) Al Qashash, (15) A1’Ankabuut, (16) Ar Ruum. (17) Lukman, (18) As
Sajdah (19) Yasin, (20) Shaad, (21) Al Mu’min, (22) Fushshilat, (23) Asy
Syuuraa. (24) Az Zukhruf (25) Ad Dukhaan, (26) Al Jaatsiyah, (27) Al Ahqaaf.
(28) Qaaf dan (29) Al Qalam (Nuun).
Huruf-huruf hijaaiyyah
yang terdapat pada permulaan tiap-tiap surat tersebut di atas, dinamakan
‘Fawaatihushshuwar’ artinya pembukaan surat-surat.
Banyak pendapat dikemukakan oleh para Ulama’ Tafsir tentang arti
dan maksud huruf-huruf hijaaiyyah itu, selanjutnya lihat not 10, halaman
8 (Terjemah)
WAHYU itu Jelas datangnya dari
Allah subhanahu wa ta'ala. namun tetap kita harus beriman juga kepada Rosul
Shallallahu'alaihi Wasallam." karena wahyu itu datangnya dari Allah
subhanahu wa ta'ala melalui malaikat hingga kepada mereka orang-orang yang
beriman dan bertakwa yaitu Nabi dan Rosul Shallallahu'alaihi Wasallam."
dan semua wahyu-wahyu Allah subhanahu wa ta'ala telah disempurnakan pada Nabi
terakhir yaitu Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam." tiada lain
adalah Kitab Suci Al-Qur'an sebagai tuntunan hidup umat manusia sampai akhir
zaman.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam surat Al Baqarah :
Artinya: Bila Kamu sekalian ragu-ragu terhadap apa yang Kami turunkan kepada
hamba Kami (berupa Alquran), buatlah satu surat saja yang sepadan (dengan salah
satu surat Alquran) dan panggillah penolong-penolongmu selain Allah bila kamu
sekalian benar. Bila kami tidak bisa melakukannya dan pasti tidak akan bisa
melakukannya, takutlah kepada api neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan
batu, yang disiapkan untuk orang-orang kafir. ( Albaqarah 23-24).
Maha benar Allah dengan segala firman-Nya